Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : NUROFIK

MENAKLUKKAN NYERI HAID

Jumat, 22 Oktober 2010

BUKAN hal baru jika sebagian dari kita seringkali mengeluh nyeri, kram dan pegal-pegal menjelang atau selama haid. Kedengarannya sih normal-normal saja maklum sedang datang bulan. Namun, kalau keluhan ini sudah mulai mengganggu aktifitas, lebih baik segera lakukan tindakan untuk mencegahnya.
Berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari sakit bulanan, yang kadang membuat suasana jadi tak nyaman, dan semua orang tampak menjengkelkan.

  • Minumlah obat penghilang rasa sakit semalam sebelum hari haid pertama.
  • Konsumsilah 1200 mg kalsium berbentuk suplemen per hari atau susu berkalsium tinggi.
  • Lakukan olah raga teratur. Jika Anda rajin berolah raga aliran darah pada otot sekitar rahim akan lancar sehingga dapat meredakan rasa nyeri.
  • Lakukan ‘stretching anti nyeri haid’ paling tidak 5 hari sebelum haid datang atau setiap hari agar manfaatnya lebih terasa.
  • Pertama lakukan pemanasan ringan dengan berlari-lari di tempat, lalu tarik dan hembuskan napas perlahan. Setelah menarik dan menghembuskan napas lemaskan otot tangan, kaki, pinggang dan leher.
  • Gerakan pertama. Setelah pemanasan, baringkan badan (terlentang) di atas matras atau karpet dengan kedua tangan di samping badan. Rapatkan kedua kaki lalu angkat perlahan sampai membentuk sudut 90 derajat dan tahan dalam beberapa detik. Lalu luruskan kedua kaki ke arah muka, tahan beberapa detik kemudian lepaskan. Ulangi gerakan ini sampai 4 kali.
  • Gerakan kedua. Baringkan badan (terlentang) dengan kedua tangan lurus di samping kepala. Angkat kedua kaki dengan posisi lurus bersamaan dengan badan sampai membentuk sudut 120 derajat. Lalu, raihlah lutut dengan kedua tangan, tahan posisi ini sampai beberapa detik. Naikkan lagi kedua kaki hingga jarak perut dan kaki semakin dekat kemudian tahan dan kembali lakukan sikap semula. Lakukan gerakan ini sampai 4 kali.
Satu alternatif lagi untuk menghindari nyeri haid adalah dengan berendam di dalam air hangat yang telah dicampur dengan bath salt (bubuk garam mandi) atau beberapa tetes essential oil dari bunga lavender yang bisa membuat tubuh merasa rileks.
Tapi, jika nyeri haid tak kunjung reda juga, sebaiknya segeralah periksakan diri Anda ke dokter kandungan untuk menghindari hal-hal yang membahayakan nantinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
 
 

Followers